Sejarah

Sejarah Ursulin

Sejarah Ursulin Serkulir berasal dari kumpulan kecil yang didirikan Angela Merici di Brescia, Italia, pada tanggal 25 November 1535. Angela menyerahkan persekutuan itu ke dalam perlindungan Santa Ursula, seorang perawan martir. Maka persekutuan itu diberi nama “Kompani Santa Ursula”.

Kelompok pertama itu terdiri dari 28 anggota. Mereka tinggal di rumah masing-masing. Pada waktu-waktu tertentu mereka berkumpul untuk berdoa, berbagi pengalaman dan bergembira bersama.

Cara hidup itu memang sesuai dengan kebutuhan zaman. Para imam dan biarawan/biarawati tidak memberi teladan hidup yang baik, umat terlantar, banyak keluarga berantakan, kaum perempuan tidak dihargai.

St Angela
"Hendaklah anda selalu gembira, dan penuh kasih sayang, iman dan harapan akan Allah."
Angela berasal dari keluarga yang saleh. Ia sadar betapa pentingnya pendidikan iman dalam keluarga. Ia yakin bahwa di dalam keluarga harus ada orang yang berperan sebagai pelita dalam kegelapan, menjadi berkat bagi lingkungannya.

Angela menolong para gadis yang mau menjadi pengikutnya untuk membaktikan diri kepada Kristus seutuhnya dan melayani sesama dengan hidup sederhana. Itu hanya mungkin kalau mereka digerakkan oleh kasih kepada Allah dan kepada sesama.

Persekutuan Santa Ursula berkembang dengan cepat, mula-mula di kota Brescia, lalu meluas ke seluruh Itali dan negeri-negeri lain di seluruh dunia. Sesuai dengan kebutuhan zaman dan tempat, muncul bentuk-bentuk lain, seperti Ursulin Biarawati
Sementara itu bentuk asli, yakni sekulir, tetap berkembang secara otonom. Dalam tahun 1956 Ursulin Sekulir membentuk Federasi yang diakui Paus dalam tahun 1958. Mereka disebut Ursulin Sekulir untuk membedakan dari Ursulin Biarawati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s