Anak Panah

Refleksi: Anak Panah

Di saat saya mencari gambar Santa Ursula saya menemukan gambar yang satu ini.

Santa Ursula adalah seorang perawan, martir, yang mati mempertahankan imannya.

Dalam gambar ini ia dilukiskan sedang memegang anak panah. Mungkin maksudnya anak panah yang ditujukan padanya, namun saat ini saya memandangnya dari sisi yang lain…

Ketika beberapa bulan yang lalu aku dinasehati untuk membatasi jalanku, dan baru-baru ini: “kurangi bicara”, aku disadarkan kembali kalau semua yang kumiliki secara fisik tidak abadi. Aku tidak pernah tahu berapa banyak langkah yang masih aku punya, berapa banyak kata yang masih bisa kuucapkan.

Kurenungkan apa yang telah kulakukan dengan langkah-ku, kemana saja aku pergi, untuk siapa kulakukan semuanya itu. Banyak kesia-siaan yang kulakukan, banyak langkah terbuang cuma untuk membuktikan kemandirianku dan hal-hal sia-sia lainnya.

Kurenungkan juga kata-kataku, berapa banyak kata yang kuucapkan hanya dalam upaya menguasai hidup orang lain, adik-adikku, kawan-kawan terdekatku… berapa banyak kata-kataku yang melukai teman-temanku, dalam upaya menunjukkan bahwa aku bisa punya kendali atas emosi mereka, dibandingkan kata-kata penghiburan yang keluar dari mulutku.

Memang tak ada yang tahu berapa lama seorang akan hidup…
Namun Gambar Santa Ursula ini mengingatkanku bahwa bukan sekedar ‘sisa hidup’ yang penting. Bagiku kata dan langkah ibarat tumpukan anak panah yang kubawa dalam hidupku. Aku tidak pernah akan tahu ada berapa banyak ‘anak panah’ yang tersisa.

Sepanjang hidupku ini, sudah terlalu banyak anak panah yang terbuang.
Aku ingin agar mulai saat ini anak panah yang tersisa ini tidak ada yang terbuang sia-sia lagi. Maka aku berdoa dan berusaha, supaya langkah-langkah dan kata-kata yang masih tersedia dalam hidupku bisa sungguh digunakan untuk menguduskan diriku dan sesamaku.

Santa Ursula, doakanlah kami.

Lyd, KSU

Tinggalkan Balasan

