Untuk apa masuk kompania?

Dewasa ini banyak orang bertanya: Untuk apa masuk Kompania? Kalau sudah masuk, masih bertanya: Apa arti hidupku dalam Kompania? Apa arti Kompania bagiku? Angela Crotto memberi jawaban dalam Responsabilita I-2012

Kompania adalah sebuah anugerah

Ya, Kompania adalah anugerah dari Allah. Anugerah untuk Gereja dan untuk dunia. Menjadi anggota Kompania ini adalah anugerah cuma-cuma dari Tuhan.

Tepat seperti yang kita baca dalam Injil:
Kamu menerima dengan cuma-cuma, maka berilah dengan cuma-cuma.
Sedikit atau banyak, tidak jadi soal. Yang penting ialah, apakah itu diberi dengan kasih, demi cinta, tanpa mengharapkan imbalan, persis seperti dilakukan oleh Yesus dan Santa Angela.

Betapa bahagianya menjadi orang pilihan, meski tak pantas, menjadi bagian dari keluarga rohani yang besar ini, yang dikehendaki oleh Yesus sendiri. Mana mungkin kita tidak berterima kasih atas anugerah yang unik itu?

Kompania membuat hidup ini layak dijalani. Kompania berarti kasih timbal balik, persaudaraan, partisipasi dan sharing yang sejati di antara Saudari-saudari. Kompania berarti saling menolong untuk menjadi kudus, walaupun ada banyak rintangan, dan tujuan akhir nampaknya masih jauh. Bersama-sama kita saling menyemangati dan terus maju dengan setia, dan dengan tenang mengharapkan belas kasih Allah. Itulah yang dikehendaki Santa Angela, Bunda Pendiri kita.



Kompania sekarang lebih kaya dan lebih kuat, karena telah tersebar ke segala penjuru dunia. Keluarga besar kita terdiri dari aneka macam bunga, yang bermandikan embun dan bersinar dalam cahaya surya. Bunga yang berwarna warni itu menyebarkan harum semerbak yang memuliakan Penciptanya dan memberi kegembiraan kepada manusia.

Mereka adalah putri-putri Santa Angela; dekat atau jauh, mereka itu bagaikan buket bunga yang terikat dengan erat oleh doa dan persatuan.

Bahkan kalau tidak bisa berjumpa dengan mereka secara pribadi, melalui buku kecil Responsabilita, kita bisa mengenali wajah-wajah dan tempat-tempat. Untuk semua itu kita patut bersyukur kepada Asisten Gerejani kita, Monsignor Adriano Tessarollo, Ketua Federasi kita yang terkasih, dan Dewannya, serta setiap suster yang menyumbang untuk buku kecil ini, pengikat kita, yang pantas dibaca….

Semoga Tuhan mengganjari pengurbanan sukarela mereka dan semoga kita mendapat lebih banyak bahan seperti ini.

Semoga Santa Angela memberkati kita sekalian dan masing-masing, dan dengan perantaraan Roh Kudus, Kompania semakin bersinar dan berdaya guna bagi Gereja dan bagi dunia kita sekarang, sesuai dengan harapan Bunda kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s