Berziarah bersama Federasi

Betapa Bahagia Kami atas Berkat-Mu!

Bulan Agustus 2011, saudari-saudari Kompania Santa Ursula dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk berziarah bersama ke Tanah Suci. Saudari kita Edda membagikan pengalamannya untuk kita semua.

Kami tiba di bandara Malpensa di kota Milano, Italia, dini hari tanggal 4 Agustus 2011.

Tak ada yang mengantuk walaupun banyak yang tidak bisa tidur. Semuanya terlalu gembira karena akan memulai perjalanan ini! Fajar pagi menyapa kami dengan sinar kuning kemerahan seakan langit ingin mengatakan, “Semoga yang kalian lihat dan rasakan nanti menyinari kalian!”. Pesawat pun mulai terangkat ke udara.

Kota Tel Aviv menyambut kami dengan pancaran matahari benderang, dan kami pun meluncur di landasan lebar dan mulus.

Kaisarea adalah tempat pertama yang kami kunjungi. Kota ini didirikan oleh Raja Herodes Agung. Di sana terdapat reruntuhan istana perwakilan kerajaan Romawi. Di tempat inilah Rasul Paulus ditawan sebelum dikirim ke Roma. Di sini pula Rasul Petrus membaptis Kornelius, seorang perwira Romawi, beserta seisi rumahnya.

Dari Kaisarea kami pergi ke Gunung Karmel. Kami naik ke atas gua tempat tinggal Nabi Elia, dan merayakan Perayaan Ekaristi di sana. Di dalam gereja tersimpan patung Maria Bunda Karmel.

Lalu kami mendaki puncak Haifa untuk melihat kecantikan kota itu dari atas, sebelum menjelajahinya. Kota itu penuh keaneka–ragaman dalam segala hal. Penduduknya dari berbagai bangsa dengan pakaian berwarna-warni.  Di perumahan serta perkampungan mereka terdapat suasana yang bermacam ragam.

Sedikit lelah, kami menuju Bukit Sabda Bahagia. Di sanalah kami akan tinggal. Kami tiba malam hari, makan lalu istirahat. Di benak kami bermunculan banyak hal yang telah kami ketahui, dengar dan baca tentang tempat ini. Inilah bukit di mana Yesus mengucapkan Sabda-sabda Bahagia… Aku teringat saat-saat aku merenungkan sabda-sabda Yesus itu. Sudah berkali-kali kami merenungkannya selama beberapa tahun ini. Sungguh indah. Kami pun tertidur.

Terima kasih Tuhan atas anugerah-Mu boleh berada di tempat kudus ini.

( Dimuat dalam Buletin Responsibilita no. 3  Tahun 2011.)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s